Berburu Tiket Kereta Api Lokal di Musim Liburan Harus Ekstra Cepat




Akhir Desember bisa jadi salah satu musim liburan yang paling ditunggu bagi sebagian orang selain libur hari raya Idul fitri. Seperti yang terjadi pada akhir Desember 2018 lalu. Libur Perayaan Natal yang bebarengan dengan libur sekolah serta tahun baru membuat orang berbondong-bondong ingin menghabiskan waktu di kampung halaman atau sekadar libur santai luar kota

Sejumlah tiket kereta lokal maupun bukan, habis terjual. Untuk kereta lokal saja yang pembeliannya minimal 7 hari sebelum keberangkatan, antrian pembeliannya sudah melebihi batas. Padahal untuk hari biasa, kereta sangat jarang terisi penuh.

Hal ini aku rasakan ketika kemarin akan pergi ke rumah saudara di Tulungagung, h-6 keberangkatan aku pergi ke Stasiun Wonokromo untuk membeli tiket KRD Lokal Dhoho Penataran, tempat duduk tunggu pembelian loket sudah penuh terisi orang, aku langsung ke bagian informasi untuk menanyakan ketersediaan tiket. Setelah kutanyakan , tiket untuk keberangkatan dan kepulanfgan tanggal sekian sudah habis terjual dan hanya tersisa tiket tanpa tempat duduk. Oke baiklah, tidak apa- apa, biasanya masih ada beberapa tempat kosong yang bisa kududuki walaupun tanpa tempat duduk.
Tapi begitu akan mengambil nomor antrian, ternyata loket sudah ditutup karena ternyata nomor Antrian hari itu sudah habis. Padahal jam masih menunjukkan pukul 11.

Nggak pikir panjang, aku langsung ke Stasiun Pasar Turi.Mau membatalkan keberangkatan, tapi aku udah terlanjur janji, nggak enak juga. Aku berpikir kalau di Stasiun Pasar Turi juga nggak bisa, berangkat bisa naik bus saja.  Eh, begitu sampai di Stasiun Pasar Turi antrian loket nggak seramai di Wonokromo, dan masih ada tempat duduk untuk kereta Dhoho Penataran yang kupesan.

Namun sayang, untuk tiket pulang aku nggak kebagian kereta yang rutenya melewati Kediri. Jadinya sewaktu pulang harus pulang dengan kereta Tulungagung-Surabaya yang melewati Malang, sehingga harus merogoh kocek lebih yaitu 18.000 padahal harusnya kalau lewat Kediri, selain harga tiket cuma 15.000, perjalanannya jauh lebih cepat.


Jadi, kalau akan melakukan perjalanan menggunakan kereta lokal saat musim libur tiba, kusarankan segera beli pagi-pagi di H-7 keberangkatan . Selain berjaga kalau kehabisan tiket, juga menghindari antrian yang panjang, terutama di stasiun Wonokromo, Surabaya. Karena sampai saat ini, untuk pembelian tiket lokal belum ada sistem onlinenya.

Rie agustina
Selain Suka Pantai, aku juga suka kamu :) Kunjungi Tulisan saya lainnya di Jurnalrieagustina.com

Related Posts

Post a Comment